Anda pasti tahu bisnis internet yang satu ini yaitu adsense,Apa masalah yang dihadapi ketika pertama kali memutuskan untuk menekuni GoogleAdsense? Diluar masalah teknis seperti bagaimana cara membuat web, pertanyaan utamadan klasik adalah “Saya mau membuat situs tentang apa ?” Kelihatannya sepele, tapi banyak orang yang tidak segera memulai karena tidak bisa menjawab pertanyaansederhana ini. Memang jawabannya susah-susah gampang. Artikel di bawah ini mungkin bisa membantu anda untuk menemukan tema apa yang akan digunakan di situs adsenseanda.
situs ibarat toko dan adsense ibarat isinya. Terus, apa masalah yang mungkin dihadapi ketikapertama kali memulai bisnis adsense? Mungkin ada yang bilang, tidak mengerti bagaimana cara membuat situs, OK, ada benarnya, tapi sekarang bisa dipecahkan denganmembuat blog, seperti di blogger (blogger.com) yang navigasinya sudah sangat-sangat user friendly bagi pemula sekalipun. Pertanyaan yang muncul, mungkin lebih ke “Saya mau membuat situs tentang apa?” atau “Apa tema (niche) situs yang akan saya buat?” Tulgak? Ok, mari kita bahas lebih detail.
Secara umum ada dua cara untuk menemukan ide tentang topic situs (Tniche websiteT) yang akan dibuat, pertama dari keahlian yang dimiliki atau hobi yang dipunyai.Seandainya anda seorang montir, buatlah situs tentang tips-tips merawat kendaraan misalnya, atau seorang broker property, bisa membuat situs tentang bagaimana caramembeli rumah sesuai dengan keinginan dan harga yang miing. Bisa juga dari hobi,misalnya anda mempunyai hobi merawat tanaman adenium atau ikan koi, bisa membuatsitus tentang hal tsb. Keunggulan membuat membuat situs tentang keahlian atau hobi kita adalah kita mempunyai sumbar dan energi yang tidak terbatas untuk terus mengembangkan dan mengupdate situs kita. Ingat, secara umum situs adsense merupakansitus yang menjual informasi, semakin berguna, spesifik, dan unik informasi yang kitaberikan. maka situs kita akan mendapat banyak pengunjung dan tentu saja akan meningkatkan peluang mereka untuk mengklik iklan-iklan yang ada di situs kita.
Cara yang kedua, mirip dengan cara pedagang general supplier atau kadang terkenaldenga istilah “Elo cari apa aja gue ada”. Ya, kita membuat tema situs sesuai dengan demand atau tuntutan pasar atau dengan topic yang banyak dicari orang di internet, atautopic apa yang lag “hot” di saat itu, seperti pedagang buah, lagi musim durian, jualandurian, musim duku jual duku dsb. hukum dagang menyebutkan, jikaanda mau membuat suatu produk, buatlah produk yang paling banyak dicari tapi sedikit penyuplainya.
Bagaimana cara mengetahui keyword (demand) yang paling banyak dicari? Untuk pemula,anda bisa menggunakan di http://www.inventory.overture.com/, sebenarnya ada beberapa situs yang menawarkan software berbayar untuk pencarian keyword (seperti wordtracker.com atau toppayingkeywords.com, coba search di google dengan kata kunci“high paying keywords”), namun untuk pemula, yang gratisan saja sudah cukup.
Selain dua faktor, diatas, sebenarnya ada satu lagi faktor yang harus dipertimbangkan,yaitu nilai dari kata kunci yang anda bidik. Berapa sih bayaran yang akan diperoleh jika orang mengklik iklan dengan keyword ini? anda bisa buka http://www.symbiotic.com/,situs yang memuat database tentang nilai Pay Per Click (PPC) suatu keywod dan jumlah pencarian per hari, meskipun keyword di database situs ini cukup banyak tapi tidakmewakili semuanya. Artinya jika anda tidak menemukan kata kunci di symbiotic, bukan berarti keyword tersebut tidak layak.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar